COLOR OPTION

RTL

KEPUASAN TAMU HOTEL TERHADAP PELAYANAN KOMUNIKASI FRONT DESK

  • Author: Nuryadina Augus Rini
  • Keywords: -
  • Issue Date: 2021
  • Publisher: Politeknik Sahid : Jakarta., 2021
  • Colection: JURNAL

Abstract

"Hotel merupakan tempat tinggal sementara yang menawarkan jasa pelayanan kepada orang untuk menginap dalam jangka waktu tertentu. Memberikan pelayanan kepada tamu agar tamu mendapatkan segala sesuatu yang dijanjikan oleh pihak hotel adalah tujuan sebuah hotel yang harus diwujudkan. Hal ini tidak terlepas dari bagaimana cara petugas memberikan pelayanan kepada tamu baik dari Departement Resepsionis maupun departemen yang lain. Deaprtement Front Office yang termasuk didalamnya divisi resepsionis, adalah bagian yang memberikan pelayanan informasi terhadap tamu dan berhubungan dengan pemberian pelayanan dalam mewujudkan kepuasan tamu di hotel. Permasalahan yang sering ditemukan dalam memberikan pelayanan kepada tamu adalah dalam hal berkomunikasi. Terdapat hal yang sangat sensitive dalam berkomunikasi dengan tamu apabial kalimat yang disampaikan ternyata membuat pendengar dalam hal ini adalah tamu menjadi tersinggung atau bahkan emosi akibat dari kesalahpahaman yang terjadi. Makna dari komunikasi yang gagal tersampikan mengakibatkan respon komplain dari tamu yang harus diterima pihak manajemen hotel.

Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa Resepsionis Department Hotel mempunyai peranan yang cukup besar dalam memberikan pelayanan kepada tamu dalam berkomunikasi karena departement kantor depan yang mempunyai kontak langsung dan akan memberikan kesan pertama dan terakhir kepada tamu yang datang.

Kesimpulan yang dapat diambil bahwa Resepsionis Department Hotel IBIS mampu memberikan pelayanan kepada tamu, sehingga hotel tidak pernah sepi dan terbukti bahwa banyak tamu hotel yang merupakan langganan yang sudah bertahun-tahun dan datang kembali ke hotel."

Link Repository Terdahulu :

https://repository.polteksahid.ac.id/?p=show_detail&id=99

POLITEKNIK SAHID

  • Alamat: Jl. Kemiri Raya No.22, Pd. Cabe Udik, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15418
  • Telepon: (+6221) 7402-329
  • Email: repository@polteksahid.ac.id